Tips Jika Anda Akan Berpergian ke Indonesia Timur

3/30/2012

Tips Jika Anda Akan Berpergian ke Indonesia Timur























Kebanyakan daerah di Indonesia Timur, relatif masih memiliki alam yang sangat alami. Indonesia Timur membagi otonomi daerahnya menjadi 13 bagian, yaitu Sulawesi Selatan, Minahasa, Kepulauan Singihe dan Taulud, Sulawesi Utara, sulawesi Tengah, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Sumba, Timor dan kepulauan, Maluku Selatan, dan Maluku Utara.

Dengan daerahnya yang masih memiliki hutan pedalaman dan angin alam yang berbeda dari Jakarta, sangat memerlukan persiapan yang matang. Hal ini diperlukan agar kondisi tubuh Anda tetap terjaga dan petualangan mengarungi alam Indonesia Timur tidak terganggu. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan saat ber-traveling ke Indonesia Timur.

1. Minum vitamin dan bawa obat-obatan pribadi

Usahakan sebelum berangkat Anda meminum vitamin C. Seperti yang Anda ketahui vitamin C sangat baik sebagai Antioksidan yang alami dan mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bila Anda menderita penyakit khusus, sebaiknya mempersiapkan dan membawa sendiri obat-obatan yang biasa Anda konsumsi. Walaupun, tubuh Anda sedang fit ada baiknya berjaga-jaga karena sebagian daerah di Indonesia Timur masih sangat sulit untuk mendapatkan obat-obatan untuk penyakit tertentu.

2. Lotion anti nyamuk

Lotion anti nyamuk pastinya akan sangat berguna dalam petualangan Anda menjelejahi Indonesia Timur. Bagaimana tidak, daerah yang berada di timur Indonesia ini sangat terkenal dengan endemik nyamuk Anopheles. Bila Anda terkena gigitan nyamuk ini, besar kemungkinan Anda bisa terkena penyakit malaria. Wow!

3. Baju yang tipis

Untuk menghindari excess baggage atau kelebihan muatan ada baiknya Anda membawa baju-baju yang tipis dan lengan panjang. Hal ini bertujuan, agar bawaan Anda lebih ringkas dan ringan. Sehingga memudahkan dan tidak merepotkan perjalanan Anda.

4. Perhatikan makan dan minuman yang Anda konsumsi

Daerah-daerah di Indonesia Timur relatif memiliki keadaan cuacanya yang lebih ekstrim. Saat siang hari, matahari yang Anda rasakan bisa sangat terik dan panas. Sedangkan untuk malam harinya, udara akan terasa sangat dingin sekali. Oleh sebab itu, selalu sediakan air mineral atau air yang sudah dimasak dan handuk keringat guna mencegah dehidrasi saat melakukan perjalanan.

Untuk makanan, usahakan Anda tahu betul makanan apa yang paling cocok dengan selera Anda. Bila tidak memungkinkan mendapat makanan tersebut di daerah sana, ada baiknya Anda menyiapkan langsung dari rumah. Namun, bagi yang suka dan mampu menerima menu baru, silakan mencoba makanan tradisional yang khas dari setiap daerah yang Anda kunjungi.

5. Menikmati hasil lautnya

Indonesia yang terkenal sebagai negara maritim, terkenal dengan keindahan dan kekayaan lautnya. Termasuk daerah di Indonesia Timur, banyak wisatawan yang datang berkunjung ke sana mengagumi hasil lautnya. Oleh sebab itu, sangat kurang rasanya bila belum menikmati hasil tangkapan nelayan di sana.

Di daerah sana banyak pasar ikan yang menjual ikan-ikan hasil tangkapan nelayan dan menjualnya dengan harga miring. Asalkan, Anda bisa bangun lebih awal sekitar jam 4-5 pagi dan standby di pantai untuk menunggu nelayan yang datang melabuh.

6. Kamera

Wilayah Indonesia Timur memiliki banyak panorama alam yang khas, indah dan menakjubkan. Banyk selaki pemandangan baru yang dapat Anda temukan di sana, mulai dari sisi budaya, wisata, dan sosial. Sebenarnya, daerah Timur sangat kaya dan tak akan habis untuk dieksplorasi. Jadi, jangan pernah tingglakn kamera Anda untuk mengabadikan setiap keindahan dan keunikan yang muncul di hadapan Anda.

7. Oleh-oleh

Oleh-oleh bisa menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu saat pergi ke luar daerah atau negeri. Berikut ini beberpa oleh-oleh yang bisa Anda dapatkan saat pergi ke Indonesia Timur.

Bila pergi ke Lombok dan Flores, Anda bisa membeli kain tenun tradisional yang menjadi andalan daerah tersebut. Kain tenun yang unik dan cantik ini, dibandrol mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 250.000. Selain itu, madu hutan Flores yang terkenal khasiatnya dan sangat baik untuk kesehatan juga bisa menjadi pilihan untuk oleh-oleh.

Bila Anda berkunjung ke Lombok, Tembakau Shenang Lombok yang terkenal karena memiliki aroma yang khas, juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk teman dan keluarga Anda. Namun, untuk sekaran ini peminat tembakau keras sudah mulai jarang karena alasan kesehatan sehingga pamor Tembakau Shenang hanya diketahui oleh kalangan tertentu saja.

Jadi, sudah siapkan Anda menjelajahi alam Indonesia Timur yang alami? Jangan ragu mencoba bertualang ke daerah baru. Banyak sekali kejutan yang akan Anda temukan di alam yang indah nan alami ini.


Sumber