6 Alasan Mencintai Pasangan Bisa Menyehatkan Tubuh

4/25/2012

6 Alasan Mencintai Pasangan Bisa Menyehatkan Tubuh


img
Dok. Thinkstock
Mencintai dan dicintai menyempurnakan hidup semua orang. Cinta tidak hanya memberikan rasa senang, nyaman, dan bahagia saja, namun juga beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh. Dirangkum dari berbagai ahli dan pakar kesehatan, berikut manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Risiko Kanker
Sejak 1979, National Longitudinal Mortality Study memperlajari bahwa makhluk hidup yang tidak berpasangan cenderung berumur lebih pendek dibandingkan yang berpasangan. Berpasangan dan mencintai seseorang juga menurunkan risiko terkena kanker.

2. Payudara Lebih Sehat
Perhatian yang diberikan pria pada payudara wanita dapat memberikan keuntungan tersendiri. Benjolan yang terdapat pada payudara yang merupakan deteksi dini kanker payudara ternyata lebih banyak ditemukan oleh pasangan ketimbang dirinya sendiri, kata Donnica Moore, MD, pengarang 'Women's Health for Life'. Tentu saja bukan hanya suami Anda yang harus menjadi scanner, Pastikan Anda memeriksa sendiri payudara Anda, dan pergi ke dokter untuk pemeriksaan payudara secara klinis.

3. Meningkatkan Sel Darah Putih
Para peneliti di Universitas Iowa menemukan bahwa wanita pengidap kanker ovarium yang diliputi perasaan cinta lebih cepat membaik. Hal ini dikarenakan sel darah putih meningkat dan membantu membunuh sel-sel yang buruk bagi tubuh.

4. Rambut Lebih Tebal
Penelitian terbaru dari Case Western University di Cleveland menunjukkan wanita dengan pasangan memiliki rambut 2,3 kali lebih tebal dibandingkan dengan wanita yang kehilangan pasangan atau bercerai. Kemungkinan penyebabnya karena stres. Jika Anda melihat rambut mulai menipis, konsultasikan dengan dokter mengenai penyebab kecemasan atau kemungkinan lainnya, seperti kekurangan vitamin atau masalah tiroid.

5. Tidur Lebih Lelap
Sebuah studi dari University of Pittsburgh menjelaskan bahwa perempuan dalam sebuah pernikahan yang kuat, 50 persen lebih rendah kemungkinan untuk mengalami susah tidur dibandingkan dengan wanita menikah yang tidak bahagia. Ternyata, rasa aman dan nyaman yang didapat dari sebuah pernikahan yang bahagia memugnkinkan Anda untuk lebih mudah beristirahat.

"Bagi semua wanita, waktu tidur yang rutin yang konsisten bisa membantu," kata penulis studi, Wendy Troxel, Ph.D.

6. Daya Tahan Kardiovaskular
Wanita yang bahagia dan penuh kasih sayang cenderung memiliki ketahanan tubuh yang tinggi terhadap gangguan kardiovaskular atau jantung. Hal ini dikarenakan stres yang biasa dialami saat tidak memiliki cinta tidak dirasakan dan pernapasan menjadi lebih terkontrol, lapang dan terkoordinasi.