Kafein Efektif Atasi Kebotakan

4/14/2012

Kafein Efektif Atasi Kebotakan



Kafein Efektif Atasi Kebotakan

Kopi berkafein ternyata memiliki manfaat lebih bagi pria yang mengalami kerontokan rambut. Penelitian menunjukkan kafein pada kopi bisa dijadikan sebagai terapi kebotakan.
Penelitian yang telah dipublikasikan dalam International Journal of Dermatolog menunjukkan bahwa kafein pada kopi dapat merangsang pertumbuhan folikel kecil di kulit kepala pada pria yang mulai mengalami kerontokan rambut. Kafein bekerja dengan menghalangi efek dari zat kimia yang diketahui dapat merusak folikel rambut.
Kebanyakan kebotakan disebabkan karena folikel rambut (kantung-kantung kecil di kulit kepala tempat rambut tumbuh) terpapar dihydrotestosterone (DHT) terlalu banyak. DHT merupakan bahan kimia yang diproduksi oleh hormon testosteron laki-laki. DHT diproduksi di beberapa area tubuh, tetapi terutama dalam hati dan kulit (termasuk rambut). Banyak faktor yang meningkatkan produksi DHT dalam tubuh, seperti stress, genetika, hormon dan stimulan tertentu.
Folikel rambut akan menyusut jika DHT beredar terlalu banyak di dalam darah, sehingga rambut menjadi lebih tipis dan tumbuh menjadi tidak normal. Jika terus dibiarkan, hal ini memicu kebotakan di kulit kepala.
"Kafein adalah zat yang terkenal, namun sedikit yang diketahui tentang efeknya pada pertumbuhan folikel rambut manusia. Tapi studi ini menunjukkan kandidat yang menjanjikan untuk stimulasi pertumbuhan rambut," jelas Dr Tobias Fischer, yang melakukan penelitian dari University of Jena di Jerman.
Namun minum banyak kopi mungkin bukan jawaban terbaik, karena para ilmuwan memperkirakan setidaknya butuh 60 cangkir sehari agar kafein mencapai folikel di kulit kepala. Peneliti menyarankan losion kaya kafein yang dioleskan pada kulit kepala untuk memblokir efek dari DHT yang merusak. Krim kafein ini diharapkan dapat merangsang pertumbuhan rambut