10 Jalan Raya Paling Berbahaya di Dunia

6/18/2012

10 Jalan Raya Paling Berbahaya di Dunia


10. Stelvio Pass Road Trollstigen (Italy)
Jalan beraspal kedua tertinggi di sepanjang jalur pegunungan Alpen setelah jalan Col de l’seran (2770 m). Stelvio Pass Road menghubungkan Valtellina dengan bagian atas lembah Adige dan Merano.
Letaknya di pegunungan Alpen yang masuk ke Italia, dekat Bormio dan Sulden, 75 km dari Bolzano, dekat perbatasan negara Swiss.
Walaupun kurang begitu berbahaya dibandingkan jalanan yang lain, tetap saja jantung kita akan berdebar2 saat melintasi jalan ini. Dengan 48 buah kelokan2-nya yang tajam, jalanan ini dijuluki sebagai salah satu jalan berkelok terpanjang yang paling bagus.
9. The A682 Road (England)
Jalur A682 di antara persimpangan 13 dari jalur M65 dengan Long Preston mrpk jalanan terparah di Inggris Raya. Dilaporkan bahwa telah terjadi sekitar 100 kecelakaan di jalur ini selama 10 tahun belakangan. Jalur sepanjang 14 mil di Yorkshire utara ini telah mengakibatkan terjadinya 22 kecelakaan yang sangat fatal selama 3 tahun belakangan. Jalur ini sangat disukai para pengendara motor, apalagi untuk berkendara di Minggu pagi.
8. Trollstigen (Norway)
Trollstigen yang berarti Tangga Troll (Troll = raksasa dlm legenda Yunani) adalah jalanan yang melintasi pegunungan di Rauma, Norwegia, bagian dari Jalan Nasional Norwegia 63 yang menghubungkan Åndalsnes di Rauma dan Valldal di Norddal.
Daerah ini sering dikunjungi turis karena terdiri dari jalur2 pendek yang berkelok2 secara tajam. Walaupun beberapa tahun belakangan sudah diperlebar, kendaraan yang lebarnya melebihi 12,4 meter dilarang melintasi jalan ini. Di puncak jalan ini terdapat lahan parkir yang cukup luas.
Dari lahan parkir tersebut kita bisa berjalan kaki selama 10 menit ke sebuah balkon untuk menikmati pemandangan jalan berkelok2 serta air terjun Stigfossen yang tingginya 320 meter.
7. Patiopoulo-Perdikaki Road (Greece)
Jalan ini merupakan satu jalur pendek yang sangat ramai, yang membentang antara Patiopoulo ke Perdikaki, Yunani. Jalurnya menanjak serta berbahaya karena banyak bagian2 yang rusak serta berbukit2 tanpa penerangan ataupun fasilitas keamanan yang memadai.
Kendaraan yang melintasi bukit seringkali tidak melihat kendaraan lain yg menuju ke arahnya. Apalagi di jalur ini seringkali dipakai oleh pejalan kaki, ternak, truk, bus dan mobil.
6. James Dalton Highway (Alaska)
Jalan raya James Dalton memiliki panjang 414 mil dan terbuat dari batu2 gravel. Jalan ini menuju ke arah utara dari Livengood (keluar dari Jalan Raya Elliott), melalui padang es kutub utara menuju ke jalur paling utara dari Alaska.
Jalanan ini dipakai utk menyuplai tambang minyak Prudhoe Bay, sehingga di sini akan sering anda temui traktor2 serta trailer2 berukuran besar. Setiap kali mereka lewat akan menyebabkan batu2 beterbangan. Hampir semua perusahaan rental mobil tdk memperbolehkan mobil2 mereka dipakai melintasi jalan ini.
Kombinasi antara batu2 gravel yang licin (baik akibat es ataupun lumpur) serta batu2 dan debu beterbangan yang menyebabkan pandangan sama sekali tertutup mengancam keselamatan anda. Jangan sekali2 untuk melewati jalan ini, kecuali mobil anda berjenis 4WD serta dilengkapi radio CB, bahan bakar ekstra, ban cadangan, persediaan makanan serta berbagai bekal lain untuk survival.
5. Sichuan-Tibet Highway (China)
Jalan raya Sichuan-Tibet memiliki kemiringan yangg tinggi, yaitu di daerah antara Chengdu dan Tibet. Tanah longsor dan salju longsor seringkali terjadi di daerah ini, yang menjadikan jalanan ini menjadi sangat berbahaya.
4. Siberian Road to Yakutsk (Russia)
Jalan raya yang menghubungkan Moscow dengan Yakutsk ini terkenal paling dingin sedunia di luar benua Antartika. Oleh karena itu jalan ini tidak bisa diaspal. Akibatnya bisa diduga. Saat musim panas tiba, hujan yang turun akan menyebabkan jalan menjadi rusak parah.
3. Ruta 5: Arica to Iquique Road (Chile)
Jalanan dari Afrika menuju Iquique ini terkenal berbahaya. Saat kita berkendara dengan kencang, maka angin dari samping yang amat kencang bisa mendorong mobil kita terjun ke lembah yang dalam.
Apalagi saat ada yang menyalip, maka kekuatan angin akan semakin berlipat. Karena letaknya di tengah padang pasir, maka seringkali muncul halusinasi yang bisa menipu pandangan para pengendara. Oleh karrna itu untuk bisa selamat dari jalanan ini dibutuhkan konsentrasi yang berlebih dalam berkendara.
2. Guoliang Tunnel Road (China)
Jalan di gunung Taihang dibangun oleh penduduk setempat. Selama lima tahun, terowongan dengan panjang 1,2 km, tinggi 5 meter dengan lebar 4 meter ini dibangun. Beberapa orang meninggal dalam kecelakaan selama pembangunan jalan tsb. Terowongan tsb akhirnya dibuka pada tgl 1 Mei 1977. Letaknya di propinsi Hunan, RRC.
1. The Death Road (Bolivia)
Photo by: Nicky.lew
Yungas Road sebelah utara yg dikenal sebagai Death Road (Jalan Kematian) terletak di km 61 s/d 69 dari kota La Paz menuju ke Coroico (Ibukota Bolivia, wilayah Amazon) di propinsi Yungas, Bolivia. Di thn 1995 Inter American Development Bank menjulukinya sebagai Jalan Kematian. Diperkirakan 200-300 orang per tahun meninggal saat melintasi jalur ini.
Di akhir tahun 2006, setelah dibangun selama 20 thn, sebuah jalan lintas (by pass) dari La Paz menuju Coroico akhirnya bisa dipakai. Akibatnya Jalan Kematian ini tidak lagi seramai dulu. Bisa ditebak, tingkat kecelakaan-pun menurun .

Sumber