Peluncuran Apollo 11 ke Bulan,Apakah Hoax?

8/26/2012

Peluncuran Apollo 11 ke Bulan,Apakah Hoax?


Selama puluhan tahun rakyat di dunia meyakini peristiwa ini, dari generasi ke generasi. Bahkan di sekolah-sekolah di Indonesia, dalam pelajaran sains selalu ada pembahasan bahwa Neil Amstrong-lah manusia pertama yang menjejakkan kakinya di bulan.
1. Dimanakah bintang-bintang yang biasa terlihat dalam photo luar angkasa ? Bukankah seharusnya photo disamping ini memiliki latar belakang ribuan bintang, mengapa ?



2. Di luar angkasa, satu-satunya sumber cahaya hanyalah matahari. Jika benar disebabkan matahari, mengapa bayangan pada obyek-obyek disamping tidak parallel ?
Perhatikan garis kuning yang menunjukkan bayangan kapsul ruang angkasa tidak sama arah jatuhnya dengan bayangan dari dua buah batu. Ini berarti terdapat lebih dari satu sumber cahaya.





4. Pada potongan film NASA ini, terlihat bahwa bendera nasional Amerika berkibar dengan kencang di bulan. Mungkinkah di ruang hampa, bendera dapat berkibar tanpa angin dan udara ?












5. Disekitar permukaan bumi terdapat sabuk radiasi yang berbahaya (Van Allen belt), setiap pesawat ruang angkasa harus memiliki casing perlindungan dari radiasi yang membahayakan nyawa astronotnya. Apollo 11 tidak dilengkapi peralatan tersebut, secara teknis seharusnya para astronot sudah tewas dalam perjalanan ke bulan. Mengapa mereka masih bisa hidup ?






6. Disamping adalah photo Buzz Aldrin yang (katanya) diambil oleh Amstrong. Dari photo tersebut, tampak posisi kamera setidaknya sedikit lebih tinggi dari dada, atau sejajar dengan wajah pemotret untuk mengambil gambar dengan ukuran tersebut.
Tetapi, setiap astronot memiliki kamera yang menempel permanent di seragam luar angkasanya, tepatna pada bagian dada. Agak sulit memperkirakan bagaimana Amstrong mengambil gambar rekannya dari jarak cukup dekat dengan kamera dada harus diangkat angle viewnya.



7. Berikut adalah moncong pembuang dari roket NASA yang mendarat di bulan. Terlihat tanah di bawahnya tidak meninggalkan bekas apa pun sbeagai akibat dari pancaran gas roket.









8. Salah satu keanehan lainnya adalah terdapat beberapa garis rambut bersilangan yang mengindikasikan bahwa photo-photo maupun film Apollo 11 hasil penggabungan satu gambar dengan gambar lain.