Basenji, Anjing yang Tidak Bisa Menggonggong

12/18/2013

Basenji, Anjing yang Tidak Bisa Menggonggong



               Mungkin dari sebagian Anda, mengira bahwa semua anjing bisa menggonggong, Well anda tidak sepenuhnya benar, ada Basenji, anjing yang tidak bisa menggonggong,  Anjing ini besarnya sedang karena tingginya 43 cm, dan termasuk slim fit, sehingga beratnya hanya sekitar 11 kg.

               Anjing tipe ini mempunyai  leher yang panjang , dan mereka lumayan tinggi, sehingga terlihat bahwa anjing ini sangat anggun. Ekornya sangat unik, karena melingkar. Jika dilihat dari wajahnya, mereka mempunyai telinga yang tegak lurus menghadap ke depan. Pada saat Basenji sedang serius, maka telinganya akan naik, dan dahinya akan berkerut. Tidak perlu diragukan, bahwa basenji adalah anjing yang pandai meskipun ia diyakini sebagai ras yang tertua karena pada zaman dahulu, orang mesir sudah menggunakan basenji untuk diberikan kepada pahlawan mereka, dan hal ini ada di dalam peninggalan zaman kuno.
               
                Basenji biasanya terdiri dari warna putih dan merah, atau hitam dan putih atau tiga warna antara merah, hitam dan putih. Namun yang pasti, pada bagian kaki, ujung ekor, dan dada akan berwarna putih. Unik ya! Lebih uniknya lagi, meskipun mereka tidak bisa menggonggong, namun mereka bisa mengeluarkan suara seperti menangis atau seperti siberian husky yang menyanyi, dan bahkan mereka bisa mengeluarkan suara seperti kucing.

                Menurut beberapa orang, anjing ini seperti kucing. Karena suara meongnya sangat mirip seperti kucing. Tingkah laku nya pun mirip seperti kucing, karena saat dia diperlihara dalam satu rumah, mereka hanya bisa loyal pada 1 tuan. Tidak seperti anjing lain yang umumnya bersahabat dengan seluruh anggota keluarga.  Basenji mempunyai keinginan yang keras, sehingga agak sulit untuk dilatih. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan tingkat tinggi untuk mendidik basenji supaya menurut.

                Dari fungsi awalnya, bisa diperkirakan bahwa anjing jenis ini galak. Namun mereka bisa loyal dengan pemiliknya, dan bisa menjadi anjing rumahan. Walaupun begitu, perlu dilakukan sosialisasi terlebih dahulu dengan anak-anak. Uniknya lagi, basenji  betina hanya menstruasi  1 tahun 1 kali, berbeda dengan anjing biasa yang  1 tahun biasanya 2 kali. 


Sumber - KamusAnjing