Bagian Tumbuhan

1/15/2012

Bagian Tumbuhan


Pada tumbuh-tumbuhan tingkat tinggi, Epidermis adalah lapisan jaringan, biasanya setebal satu lapis sel saja, yang menutupi permukaan organ, seperti daun, batang, akar, dan bunga. Epidermis biasanya tipis, tidak memiliki klorofil, dan pada permukaan yang menghadap ke luar terlapisi oleh kutin yang menghasilkan kutikula atau lapisan malam (wax).


Cortex adalah bagian luar pada batang /akar tumbuhan, dikelilingi oleh lapisan terluar Epidermis dan dikelilingi oleh bagian dalam Endodermis. Terbentuk oleh Undifferentiated Cells. Bagian terluar sel-sel korteks biasanya mengalami penebalan yang tidak teratur dan disebut sel kolenkim.


Endodermis adalah bagian pusat,bagian terdalam dari Cortex di sejumlah tanaman


Pembuluh kayu atau xilem (dari xylem, dari bahasa Yunani kuna ξυλον / Lat. xylon, yang berarti "kayu") merupakan salah satu dari dua kelompok utama jaringan pembuluh yang dimiliki oleh tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta). Pembuluh kayu berfungsi menyalurkan zat bahan fotosintesis dari akar ke daun. Pembuluh kayu merupakan saluran utama bagi transportasi air beserta semua substansi yang terlarut di dalamnya dari akar (dan juga bagian tubuh tumbuhan lain yang menyerap air) menuju bagian lain tumbuhan, terutama daun. Kayu dibentuk terutama dari kumpulan pembuluh kayu.


Pembuluh tapis atau floem (phloem, dari bahasa Yunani φλόος / Lat. phloos, berarti "pepagan".) adalah jaringan pengangkut pada tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta) yang berfungsi dalam transportasi hasil fotosintesis, terutama gula sukrosa, dan berbagai metabolit lainnya dari daun menuju bagian-bagian tumbuhan lainnya, seperti batang, akar, bunga, buah, biji, dan umbi. Proses transpor ini disebut sebagai translokasi.


Cambium adalah jaringan tanaman yang menyediakan Undifferentiated Cells yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman