Bagian Otak dan Fungsinya

3/10/2013

Bagian Otak dan Fungsinya


1. Cerebrum

   Cerebrum adalah bagian terbesar dari otak manusia, yang disebut juga dengan nama Cerebral Cortex, Forebrain atau otak depan. Cerebrum membuat manusia memiliki kemampuan berpikir, analisa, logika, bahasa, kesadaran, perencanaan, memori dan kemampuan visual.


   Cerebrum terbagi menjadi 4 bagian otak yang disebut lobus. Bagian lobus yang menonjol disebut gyrus dan bagian lekukan yang menyerupai parit disebut sulcus. keempat lobus tersebut adalah : 
Frontal Lobe, Parietal Lobe, Temporal Lobe, dan Occipitalis Lobe.




  • Lobus Frontal Lobus frontal merupakan bagian lobus otak yang terletak dibagian paling depan di sebelah kiri. Otak ini bertanggung jawab atas kemampuan kita untuk membuat alasan, membuat keputusan, kretivitas, memberi penilaian, kemampuan gerak, kemampuan emosional, kontrol perilaku seksual dan kemampuan berbahasa secara umum.
  • Lobus Parietal Terletak dibagian tengah, berhubungan dengan sensor perasaan, seperti tekanan, sentuhan, dan rasa sakit.
  • Lobus Occipital Terletak dibagian bawah, berhubungan dengan rangsangan visual, yang memungkinkan manusia melakukan interpretasi terhadap objek yang ditangka oleh retina mata.
  • Lobus Temporal Terletak dibagian samping kanan dan kiri, berhubungan dengan pendengaran, menyimpan informasi baru, kemampuan memahami bahasa, dan ingatan visual. 

2. Cerebellum 
   Cerebellum atau yang biasa dikenal sebagai otak kecil, terletak dibawah Occipital Lobe. Cerebellum terbagi menjadi dua bagian lobus yaitu lobus kiri dan lobus kanan yang dihubungkan oleh jembatan varol.
   Fungsi dari cerebellum adalah sebagai pusat koordinasi kerja otot dan keseimbangan tubuh. Akibat dari adanya cidera pada bagian otak ini adalah hilangnya keseimbangan dan hilangnya koordinasi gerak otot.