8 Hal yang Mempengaruhi Anda Dalam Bekerja

2/26/2012

8 Hal yang Mempengaruhi Anda Dalam Bekerja




Quote:
Quote:

Quote:
Ergonomika atau ergonomi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan elemen-elemen lain dalam suatu sistem, serta profesi yang mempraktekkan teori, prinsip, data, dan metode dalam perancangan untuk mengoptimalkan sistem agar sesuai dengan kebutuhan, kelemahan, dan keterampilan manusia.

Quote:
Ergonomi berasal dari dua kata bahasa Yunani: ergon dan nomos: ergon berarti kerja, dan nomos berarti aturan, kaidah, atau prinsip. Pendapat lain diungkapkan oleh Sutalaksana (1979): ergonomi adalah ilmu atau kaidah yang mempelajari manusia sebagai komponen dari suatu sistem kerja mencakup karakteristik fisik maupun nirfisik, keterbatasan manusia, dan kemampuannya dalam rangka merancang suatu sistem yang efektif, aman, sehat, nyaman, dan efisien. Kondisi lingkungan tempat kita bekerja sangat menentukan kualitas dari hasil pekerjaan kita. Apalagi untuk yang biasa bekerja dengan kondisi atau mood tertentu, sehingga suatu saat akan berpengaruh pada prestasi kerja kita.


Ergonomika dalam Bekerja


Quote:
1. Kebisingan



Quote:
Suara bising dapat mempengaruhi kinerja kita dalam bentuk gangguan pendengaran, gangguan komunikasi dengan pembicaraan, dan kehilangan pendengaran. Jika kita bekerja di tempat yang membisingkan pendengaran, kurangi intensitas kita berada dalam tempat itu. Kebisingan bisa dicegah dengan pengurangan pada sumbernya, penempatan isolator, dan pemakaian alat proteksi pada telinga.


Quote:
2. Penerangan



Quote:
Tingkat kebutuhan penerangan ditentukan oleh jenis pekerjaan kita, semakin cermat/persis yang kita kerjakan, semakin tinggi tingkat penerangan yang dibutuhkan. Yang harus diperhatikan adalah pembagian luminasi/penerangan dalam jenis pekerjaan, pencegahan kesilauan, arah sinar, warna, dan panas akibat lampu penerangan.


Quote:
3. Suhu Udara



Quote:
Suhu tinggi dalam tempat bekerja kita dapat menimbulkan kejang, keletihan dan kepayahan karena panas, stroke dan miliaria. Pengaturan suhu ruang dengan air conditioner dan menghindari tempat-tempat yang panas sangat dianjurkan sesuai dengan adaptasi tingkat kenyamanan kita.


Quote:
4. Bau-bauan



Quote:
Bau yang tidak sedap atau menyengat sangat mengganggu kerja kita, oleh Karena itu kita yang bekerja pada tempat yang menghasilkan bau menyengat diharapkan bisa meminimalisir dengan mengurangi interaksi kita pada tempat itu. Penambahan wewangian ke udara, menutup bau antagonis, menggunakan pancaran air, dan penggunaan AC bisa menguranginya.


Quote:
5. Waktu Kerja



Quote:
Penambahan waktu kerja > 8jam/hari dapat menurunkan produktivitas kerja kita. Dengan 5 hari kerja perpekan tidak akan merugikan kesehatan kita, sehingga kita perlu mengatur waktu bila ada pekerjaan tambahan (lembur). Pengaturan istirahat harus disesuaikan dengan jenis pekerjaannya.


Quote:
6. Ruang dan Posisi Kerja



Quote:
Keluhan mengenai ruang dan posisi kerja paling banyak terdapat pada bagian punggung, tengku, lutut dan kaki. Sehingga kita harus menyesuaikan ruang dan posisi kerja dengan kondisi nyaman kita. Perusahaan-perusahaan besar biasanya sudah mengatur ruang dan posisi kerja yang terbaik untuk pegawainya.


Quote:
7. Beban Kerja Fisik



Quote:
Beban kerja fisik diurutkan atas beberapa kriteria menurut konsumsi oksigen, ventilasi paru-paru, suhu rektal, dan denyut jantung. Sehingga semakin besar konsumsi oksigen, ventilasi paru-paru, suhu rektal, dan denyut jantung ketika bekerja, beban kerja semakin berat yang berpengaruh pada kinerja kita.


Quote:
8. Warna



Quote:
Warna memberikan respon tersendiri terhadap psikologi kita. Warna tertentu dapat membuat objek terlihat lebih besar atau lebih dekat, memberikan kesan hangat, memberi pengaruh pada mood, dan penggabungan beberapa warna dapat memberikan efek perasaan iritasi.


Quote:
Penting untuk dipahami ialah, menyesuaikan kondisi lingkungan sehingga bisa membuat keadaan nyaman melakukan pekerjaan yang sedang kita geluti.