Perbedaan Burger Asli dan Burger Tiruan

5/12/2012

Perbedaan Burger Asli dan Burger Tiruan


Inilah Beda Burger Asli dan Burger Tiruan!
Foto: forum.egullet.com
Hamburger atau burger kini sudah sangat populer dan mudah didapat. Dari resto khusus burger hingga pedagang keliling menjual adonan daging yang dibentuk bulat pipih ini. Namun, tidak semua burger yang dijual aman dikonsumsi.

Burger patty merupakan salah satu jenis daging olahan yang dibentuk bulat pipih. Seperti daging olahan lain burger juga dibuat dalam bentuk produk massal di dalam pabrik. Prinsip pembuatannya tak jauh berbeda dengan sosis.

Adonan daging yang sudah diaduk dengan bumbu dan bahan lainnya kemudian dimasukkan ke dalam selongsong atau casing yang diameternya sekitar 10-12 cm.

Setelah dimasak hingga matang, barulah casing dikupas dan dipotong-potong dan dikemas. Ada beragam jenis burger yang dijual di pasaran. Dari buatan pabrik dengan merk ternama hingga hasil olahan induustri rumahan.

Kualitas burger ditentukan oleh banyaknya jumlah daging yang dipakai dalam adonan. Makin banyak makin mahal pula harganya. Karena sudah menjadi makanan populer yang banyak penggemar maka banyak pula produsen burger yang melakukan kecurangan.

Umumnya bahan burger tiruan ini memakai sedikit daging sapi dan lebih banyak bahan pengental, pewarna tiruan (pewarna tekstil), ditambah dengan boraks atau pijer untuk membuat tekstur burger jadi kenyal.

Karenanya jika akan membeli burger, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini.

Warna:
Pilihlah burger dengan warna cokelat kemerahan alami. Tidak merah menyala atau merah terang. Burger yang memakai banyak daging warnanya akan sedikit kusam dengan warna cokelat kemerahan daging asli.

Tekstur:
Burger yang banyak memakai bahan tambahan teksturnya kenyal atau membal jika ditekan. Permukaannya nyaris licin jika dipotong. Warnanya merah terang atau merah keunguan. Sedangkan burger yang hanya memakai campuran daging cincang, teksturnya kasar tak beraturan jika dipotong dan warnanya cokelat agak kusam mirip daging rebus.

Aroma:
Burger yang memakai banyak bahan tambahan aromanya seperti obat, nyaris tak terlacak aroma daging. Sedangkan burger dengan daging asli, beraroma gurih daging dengan beberapa jejak lemak yang lumer. Rasa burger yang tidak asli gurih dengan aksen asin yang kuat. Sedangkan burger asli rasanya gurih agak kenyal seperti daging.

Harga:
Burger yang memakai banyak bahan tambahan selain diiris lebih tipis, harganya juga lebih murah. Sedangkan burger asli, harganya dua kali lipat harga burger tiruan.

Burger buatan sendiri:
Ingin membuat burger sendiri? Bahan yang perlu disiapkan daging sapi yang tak terlalu berlemak, telur ayam, merica, pala dan garam serta sedikit tepung terigu. Ikuti saja langkah membuat burger daging denganRESEP INI.

Sumber : detikfood